Kanker Ginjal

Apa Itu Kanker Ginjal???

Kanker ginjal terjadi pada sekitar tiga puluh satu ribu orang Amerika per tahun, dan sebagian besar pasien yang didiagnosis berusia antara lima puluh dan tujuh puluh tahun. Ini mempengaruhi pria sekitar dua kali lebih banyak daripada wanita. Saat ini, penyebab kanker ginjal tidak dipahami dengan baik dan jarang dapat dijelaskan mengapa satu orang terkena penyakit ini dan yang lainnya tidak. Banyak faktor yang terkait dengan peningkatan kemungkinan kanker ginjal; salah satu faktor risiko utama adalah merokok. Perokok dua kali lebih mungkin terkena penyakit ini daripada bukan perokok.

Karsinoma sel ginjal, juga dikenal sebagai kanker gurnistik, adalah bentuk paling umum dari kanker ginjal yang dihasilkan dari tubulus ginjal dan jenis kanker ginjal yang paling umum pada orang dewasa. Tanda atau gejala peringatan yang paling umum dari penyakit ini adalah darah dalam urin. Dalam beberapa kasus, orang tersebut benar-benar dapat melihat darah. Mungkin ada di sana suatu hari dan tidak di hari berikutnya. Urinalisis yang dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan rutin yang disebut urinalisis juga dapat menemukan jejak darah dalam urin. Gejala lainnya adalah adanya benjolan atau massa yang mungkin terasa di area ginjal. Tumor dapat menyebabkan nyeri tumpul atau nyeri di punggung. Gejala dapat berkembang secara tiba-tiba. Namun, seperti jenis kanker lainnya, kanker ginjal dapat menyebabkan perasaan kesehatan yang buruk secara umum. Penurunan berat badan, demam, merasa lelah, dan kehilangan nafsu makan bisa menjadi gejala lain yang dialami seseorang dengan penyakit tersebut. Meskipun lebih sering daripada tidak, gejala-gejala ini tidak berarti kanker. Kondisi lain dapat menyebabkan gejala, itulah sebabnya yang terbaik adalah menemui dokter ketika salah satu dari masalah ini terjadi.

Untuk mendiagnosis kanker ginjal, riwayat kesehatan pribadi dan keluarga pasien diambil dan pemeriksaan fisik menyeluruh dilakukan. Dokter biasanya memesan tes darah dan urin dan dapat melakukan satu atau lebih dari tes ini:

IVP (pielogram intravena) adalah tes yang memungkinkan dokter untuk melihat ginjal, ureter, dan kandung kemih pada sinar-X. Sinar-X diambil setelah injeksi zat warna yang muncul pada film sinar-X.

CT atau CT scan adalah prosedur sinar-X lain yang memberikan gambar detail penampang tubuh. Gambar dibuat di komputer. Ultrasound adalah tes yang mengirimkan gelombang suara frekuensi tinggi, yang tidak dapat didengar oleh manusia, ke dalam ginjal. Pola gema yang dihasilkan oleh gelombang ini menciptakan gambar yang disebut sonogram. Jaringan sehat, kista dan tumor menghasilkan gema yang berbeda.

Arteriogram adalah serangkaian sinar-x pembuluh darah. Pewarna disuntikkan ke dalam pembuluh darah besar melalui tabung sempit yang disebut kateter. Sinar-X menunjukkan pewarna saat bergerak melalui jaringan pembuluh darah yang lebih kecil di sekitar dan ke dalam ginjal. Pencitraan Resonansi Magnetik (Magnetic Resonance Imaging) menggunakan magnet yang sangat kuat yang dipasang pada komputer untuk membuat gambar penampang ginjal.

Nefrotomogram adalah serangkaian radiografi dari penampang ginjal. Sinar-X diambil dari sudut yang berbeda sebelum dan sesudah injeksi pewarna yang menguraikan ginjal.
Ketika seseorang didiagnosis menderita kanker ginjal, penting untuk mengetahui sejauh mana atau stadium penyakitnya karena dapat menyebar ke tulang, paru-paru, hati, dan otak. Prosedur pementasan mungkin termasuk rontgen khusus dan tes untuk memeriksa organ-organ ini.

Jika penyakitnya hanya pada ginjal, yaitu sekitar empat puluh persen kasus, penyakit ini dapat disembuhkan sekitar sembilan puluh persen dengan operasi. Namun jika sudah menyebar ke luar ginjal, seringkali ke kelenjar getah bening atau pembuluh darah utama ginjal, maka perlu diobati dengan kemoterapi dan perawatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.