Kanker Kandung Kemih

Kanker Kandung Kemih, Apakah Itu??

Kandung kemih memainkan peran yang sangat penting dalam totalitas kesehatan kita. Ia bekerja sebagai penampung urin dalam tubuh kita. Ketika ginjal menyaring limbah dari darah, urin diproduksi yang memasuki kandung kemih melalui dua tabung yang disebut ureter, kandung kemih kemudian memungkinkan urin untuk disimpan untuk jangka waktu tertentu sebelum dilepaskan ke buang air kecil melalui tabung lain yang disebut uretra. Kandung kemih dapat dianggap sebagai balon otot; struktur pipih ketika tidak ada urin (tepat setelah seseorang buang air kecil) tetapi dapat diisi hingga satu liter urin. Biasanya ketika kandung kemih penuh dengan air seni sekitar setengah liter, kita merasa perlu untuk buang air kecil. Struktur otot kandung kemih juga membantu otot panggul lainnya mendorong urin keluar saat dikeluarkan. Kandung kemih terletak di perut bagian bawah jauh di dalam panggul, tepat di atas simfisis pubis.

Kanker kandung kemih mengacu pada salah satu dari berbagai jenis pertumbuhan ganas kandung kemih. Ini adalah penyakit di mana sel-sel abnormal berkembang biak di luar kendali di kandung kemih. Faktor risiko utama untuk kanker kandung kemih adalah kecenderungan genetik (efek genetik yang mempengaruhi fenotipe suatu organisme tetapi dapat dimodifikasi oleh kondisi lingkungan); itu juga dapat dikaitkan dengan merokok dan paparan pekerjaan terhadap pewarna berbasis anilin (seperti pabrik tekstil), serta bensin dan bahan kimia lainnya.

Tanda peringatan paling umum dari kanker kandung kemih adalah adanya darah dalam urin, warnanya mungkin sedikit berkarat atau merah tua tergantung pada jumlah darah yang ada. Gejala lain termasuk rasa sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, atau perasaan ingin buang air kecil tanpa hasil. Namun, tanda dan gejala ini tidak spesifik untuk kanker kandung kemih tetapi juga dapat disebabkan oleh kondisi non-kanker seperti infeksi prostat dan sistitis. Ketika gejala memang terjadi, temui dokter Anda segera karena penyakit apa pun harus didiagnosis dan diobati sesegera mungkin.

Apa pengobatan untuk kanker kandung kemih?

Pengobatan kanker kandung kemih tergantung pada seberapa dalam tumor menyerang dinding kandung kemih.

Pengobatan kanker kandung kemih superfisial

Ini adalah saat kanker belum menyerang otot sama sekali dan dapat “dicukur” menggunakan perangkat elektrokauter yang dipasang pada cystoscope. Karena kanker kandung kemih superfisial memiliki insiden kekambuhan yang tinggi, tujuan pengobatan berubah untuk mencegah kekambuhan ini dan untuk mencegah perkembangan ke tahap invasif. Imunoterapi, dalam bentuk pemberian BCG, juga digunakan dalam pengobatan dan pencegahan kekambuhan tumor superfisial. Menanamkan kemoterapi ke dalam kandung kemih juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini.

Pengobatan kanker kandung kemih yang menyerang otot

Tumor yang menyusup ke kandung kemih memerlukan operasi yang lebih radikal di mana sebagian atau seluruh kandung kemih diangkat dalam prosedur operasi pengangkatan yang disebut kistektomi di mana aliran urin dialihkan. Dalam beberapa kasus, ahli bedah berpengalaman dapat membuat kandung kemih pengganti (neoblader) dari segmen jaringan usus, tetapi prosedurnya sangat tergantung pada preferensi pasien, fungsi ginjal, dan lokasi penyakit.

Kanker kandung kemih adalah kanker paling umum keempat pada pria dan kedelapan paling umum pada wanita. Lebih dari lima puluh ribu kasus didiagnosis di Amerika Serikat setiap tahun, dengan lebih dari dua belas ribu kematian.

Well, itulah penjelasan mengenai Kanker kandung kemih yang perlu kamu ketahui.. Jadi mari jaga kesehatanmu mulai dari sekarang yaaa….

Leave a Reply

Your email address will not be published.