Kanker Tulang

Kanker Tulang Dan Penjelasannya

Kanker tulang atau kanker tulang adalah istilah umum yang digunakan ketika sel-sel kanker terlihat di tulang. Kanker yang pada saat dimulai di tulang disebut kanker tulang primer. Hal ini paling sering ditemukan di lengan dan kaki, tetapi dapat terjadi pada setiap tulang di tubuh. Anak-anak dan orang muda lebih mungkin dibandingkan orang dewasa untuk memiliki tumor tulang.

Tumor tulang primer disebut sarkoma. Ada berbagai jenis sarkoma, dan setiap jenis dimulai pada jenis tulang yang berbeda. Sarkoma yang paling umum adalah osteosarcoma, sarkoma Ewing dan chondrosarcoma.

Pada orang muda, jenis kanker tulang yang paling umum adalah osteosarcoma, yang biasanya terjadi antara usia sepuluh dan dua puluh lima tahun. Lebih sering, laki-laki terpengaruh daripada perempuan. Osteosarcoma sering dimulai di ujung tulang; di mana tulang baru terbentuk sebagai seorang pria muda tumbuh, biasanya mempengaruhi tulang panjang lengan dan kaki. Sarkoma Ewing biasanya menyerang remaja dan terutama ditemukan pada orang berusia antara sepuluh dan dua puluh lima tahun. Kanker ini terbentuk di bagian tengah (batang) tulang besar dan paling sering menyerang tulang pinggul dan tulang panjang paha dan lengan atas, tetapi bisa juga terjadi di tulang rusuk. Chondrosarcoma adalah jenis kanker yang terbentuk di tulang rawan (jaringan karet di sekitar sendi) dan ditemukan terutama pada orang dewasa. Jenis kanker tulang lainnya termasuk fibrosarcoma (tumor sel raksasa ganas) dan chordoma. Ini adalah kanker langka dan paling sering menyerang orang berusia di atas 30 tahun.

Gejala kanker tulang yang paling umum antara lain adalah rasa sakit. Namun, gejalanya dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan ukuran kanker. Benjolan padat dan sedikit lunak pada tulang terkadang dapat dirasakan melalui kulit. Terkadang kanker tulang mengganggu gerakan normal dan juga dapat melemahkan atau mematahkan tulang. Tumor yang terjadi di dalam atau di dekat sendi dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri di daerah yang terkena. Gejala lain bisa termasuk kelelahan, demam, penurunan berat badan, dan anemia. Penting untuk menemui dokter ketika gejala-gejala ini terjadi, tetapi gejala-gejala ini juga dapat disebabkan oleh kondisi lain yang kurang serius.

Perawatan untuk beberapa kanker tulang mungkin melibatkan pembedahan, seperti amputasi anggota badan. Kemoterapi dan radioterapi efektif pada beberapa jenis kanker (seperti sarkoma Ewing) tetapi kurang efektif pada kanker lainnya (seperti chondrosarcoma). Setelah pengobatan kanker tulang dilakukan, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan atau pemeriksaan rutin dengan dokter Anda, untuk memastikan kanker tidak kembali, dan untuk mengobatinya dengan segera jika itu terjadi. Pemeriksaan dapat berupa pemeriksaan fisik, rontgen, scan, tes darah, dan pemeriksaan laboratorium lainnya.

Orang yang telah didiagnosis dengan kanker tulang dapat memiliki banyak masalah fisik, emosional, dan praktis. Mereka mungkin khawatir bahwa pengangkatan anggota tubuh atau operasi lain tidak hanya akan memengaruhi penampilan mereka, tetapi juga perasaan orang lain terhadap mereka. Pasien dapat dibantu untuk mengatasi semua masalah ini melalui kelompok pendukung khusus untuk pasien kanker muda dan keluarganya. American Cancer Society, misalnya, adalah organisasi nirlaba yang menawarkan banyak layanan untuk pasien dan keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.