Tipe Kanker Kulit

Tipe-tipe Kanker Kulit

Kanker kulit adalah kondisi yang semakin umum dan sebagian disebabkan oleh peningkatan paparan radiasi ultraviolet. Peningkatan paparan ini terutama disebabkan oleh popularitas penyamakan atau berjemur baru-baru ini. Orang yang berkulit lebih terang lebih rentan terhadap penyakit ini.

Ada banyak jenis kanker kulit, tetapi jenis yang paling umum adalah:

Karsinoma sel basal (BCC)
Ini adalah jenis kanker kulit yang paling umum; itu dapat menyebabkan kerusakan dan sangat merusak. Ada peningkatan risiko bagi individu yang memiliki riwayat penyakit dalam keluarga dan mereka yang secara kumulatif terpapar sinar UV melalui sinar matahari, atau yang pernah terpapar bahan kimia di masa lalu, terutama arsenik. Sebagian besar karsinoma sel basal dapat diangkat melalui pembedahan oleh dokter kulit. Metode operasi yang umum adalah elektro-pengeringan dan kuretase (ED&C) di mana tumor digores dengan kuret dan membakar dasar dan tepinya dan luka dibiarkan sembuh dengan sendirinya. Tingkat penyembuhan dan hasil estetika dari perawatan ini sangat baik terutama dengan daerah cekung. Perawatan lain untuk jenis kanker kulit ini termasuk kemoterapi topikal, sinar-X, cryosurgery, terapi fotodinamik, atau obat peningkat kekebalan topikal seperti imiquimod. Jenis kanker kulit ini jarang mengancam jiwa, tetapi jika tidak diobati dapat menyebabkan cacat, pendarahan, dan menghasilkan kerusakan lokal di bagian-bagian seperti mata, telinga, hidung dan bibir.

Karsinoma sel skuamosa (KSS)
Jenis kanker kulit ini adalah tumor ganas epitel yang menunjukkan diferensiasi sel skuamosa. Ini adalah bentuk kanker jenis karsinoma yang dapat terjadi di berbagai organ termasuk kulit, mulut, kerongkongan, paru-paru, dan leher rahim. Karsinoma sel skuamosa biasanya berkembang di lapisan epitel kulit dan kadang-kadang di berbagai selaput lendir tubuh. Kanker ini dapat terlihat pada kulit, bibir, bagian dalam mulut, tenggorokan, dan kerongkongan, dan ditandai dengan kulit merah bersisik yang menjadi luka terbuka. Merokok merupakan faktor risiko yang signifikan untuk penyakit ini. Faktor risiko lain termasuk paparan sinar matahari, terapi radiasi, paparan karsinogen, iritasi atau peradangan kulit kronis, penyakit genetik, dan adanya lesi prakanker. Untuk mendiagnosis penyakit ini, biopsi dilakukan di mana sampel diambil dan diperiksa di bawah mikroskop, dan jika ditemukan kanker, pembedahan dilakukan untuk mengangkatnya.

Melanoma
Jenis kanker kulit ini adalah bentuk paling mematikan dari kanker kulit. Melanoma adalah tumor ganas melanosit. Melanosit ditemukan terutama di kulit, tetapi juga dapat ditemukan di tempat lain, terutama di mata. Sebagian besar melanoma berasal dari kulit. Seperti kebanyakan bentuk kanker, deteksi dini penyakit menawarkan pasien kesempatan yang jauh lebih baik untuk bertahan hidup. Telah ditemukan dalam penelitian bahwa paparan radiasi ultraviolet merupakan kontributor utama perkembangan melanoma. Faktor lainnya adalah mutasi atau kehilangan total gen supresor tumor. Penggunaan sunbeds (dengan penetrasi sinar UVA yang dalam) telah dikaitkan dengan perkembangan kanker kulit, termasuk melanoma. Riwayat keluarga melanoma sangat meningkatkan risiko seseorang. Setiap tahi lalat yang tidak beraturan dalam warna atau bentuk harus diperiksa oleh dokter untuk menentukan apakah itu melanoma ganas, bentuk kanker kulit yang paling serius dan mengancam jiwa. Mendiagnosis melanoma membutuhkan pengalaman, karena tahap awal mungkin terlihat identik dengan tahi lalat yang tidak berbahaya atau tidak memiliki warna sama sekali. Pengobatan kanker kulit jenis ini meliputi pembedahan, obat-obatan atau kemoterapi, radiasi, dan terapi lainnya.

Semua jenis kanker kulit ini adalah yang paling umum dan tidak boleh dianggap enteng. Bila ada keraguan bahwa Anda memiliki tanda atau gejala kanker, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk diagnosis dan pengobatan yang benar, jika pernah dikonfirmasi, ini akan memberikan pasien kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.